Penanganan Kanker dengan Metode TACI

Apa yang dimaksud dengan TACI

TACI adalah pemberian obat pembunuh sel kanker (lebih dikenal sebagai obat kemoterapi) langsung ke target tumornya melalui pembuluh darah yang memasok logistik ke tumor (feeding artery). Di dunia kedokteran lebih dikenal sebagai TACI (Trans Arterial Chemo Infusion).

Angiography RS. Permata Medika Semarang

Apa keunggulan TACI dibanding kemoterapi konvensional
Dengan pemberian obat kemoterapi secara langsung ke dalam pembuluh arteri, maka konsentrasi obat yang menuju target tumor akan optimal sehingga dapat secara efektif membunuh sel-sel kanker tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Kualitas hidup pasien dapat tetap terjaga dan meningkat, tanpa efek samping diare, rambut rontok dan mual muntah yang hebat. Selain itu dosis obat yang diberikan pun jauh lebih sedikit dibanding dengan kemoterapi konvensional.
Sedangkan pada kemoterapi konvensional, obat kemoterapi diberikan melalui infus yang akan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga konsentrasi obat yang sampai ke target tumor tidak optimal, selain itu juga akan menimbulkan efek samping seperti rambut rontok, mual dan muntah, serta penekanan ke sumsum tulang yang menyebabkan kelainan pada darah.