Palang Merah Indonesia (PMI)

Donor darah memiliki banyak manfaat, baik bagi pasien penerima donor maupun pendonor.  Sumbangan darah dari satu orang dapat membantu menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan hingga tiga nyawa sekaligus. Tidak hanya menguntungkan bagi penerimanya, pendonor juga bisa mendapatkan manfaat donor darah bagi kesehatannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin melakukan donor darah, yaitu:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Beberapa riset juga menunjukkan bahwa donor darah rutin dapat menurunkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Donor darah bisa mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah dengan menurunkan kekentalan darah, sehingga membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

  • Membantu membuang kelebihan zat besi

Donor darah juga membantu tubuh untuk membuang kelebihan zat besi. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol, yang kemudian dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Kelebihan zat besi juga dapat menyebabkan peningkatan radikal bebas dan mengganggu fungsi hati.

  • Menurunkan risiko kanker

Selain mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Berbagai riset menunjukkan, kegiatan rutin donor darah dapat menurunkan risiko kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan

  • Meningkatkan produksi darah

Mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Setelah tubuh memperoleh sel-sel darah merah baru, darah akan mengangkut oksigen dengan lebih efektif sehingga tubuh Anda menjadi lebih bugar dan sehat.

  • Membantu mendeteksi dini penyakit tertentu

Saat hendak mendonorkan darah, akan dilakukan pemeriksaan atau skrining secara gratis untuk mendeteksi penyakit serius, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa darah yang didonorkan aman untuk digunakan sebagai transfusi darah. Melalui pemeriksaan ini, kita bisa mendeteksi adanya penyakit tertentu, sehingga penyakit tersebut bisa ditangani secepatnya.

  • Menjaga kesehatan mental

Dengan mendonorkan darah, dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesame dan damai dengan tubuh sendiri ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis.

penulis : dr. Nuzula Fikrin Nabila

X